Selasa, 13 September 2011

Defining Europe (International Relation Europe)

Nah, saya baru dapet materi ini tadi siang di kelas HI Eropa pak Hikmawan Saefullah, atau akrab dipanggil papap or papski. Jadi, mumpung masih fresh saya mau ulas aja yaa dikit. Happy reading :)

Eropa dalam Etnologi, Historiografi, dan Geografi

Sebelumnya, apa sih eropa itu? nama eropa itu asalnya dari mana sih?

Etymology

Para sejarawan mengatakan : there was no consensus on the origin of the name. Yang artinya, nama benua eropa itu berasal dari berbagai sumber yang berbeda, dan jelas dikatakan bahwa tidak ada sumber yang menyebutkan nama yang sama untuk asal-muasal benua Eropa. Jika dilihat secara etimologi, maka ada beberapa asal dalam terciptanya nama 'Eropa' :
  • Hellenistic Myth : Phonician Princess Europe. Dari mitos yunani kuno, nama eropa diambil dari nama seorang putri di mediterania.
  • Greek : 'Broad Face' diambil dari dua suku kata yaitu Eurys (broad) dan Ops (face). Broad artinya lebar atau besar, sedangkan face artinya muka. Dapat dilihat dari perawakan fisik orang Eropa yang tinggi dan besar.
  • Acadian : 'Sunset' : Erubu (sunset). Diambil dari sebuah suku yang hidup di jaman yunani kuno dan romawi kuno. 
The majority reffered to the history of hellenistic myth (europe) whilst some reffered to antrophologic explanation (broad face).
Kemudian Robert Roswell Palmer dan Joel Colton mengatakan bahwa : there was no europe in ancient times. They used 'mediterania' for the name. 
Europe in Perspective
  1. Europe : A continent (Eropa sebagai Kontinen atau Benua). Dalam perspectif ini, benua Eropa dilihat dari sudut pandang geografik dan klimatologinya. Batas-batas garis lintang utara dan lintang selatan.
  2. Europe : The people. 
 - Neanderthals to homo sapiens, immigrants from central Asia. Ini merupakan fakta menarik bagi pihak-pihak yang rasis terhadap penduduk berkulit kuning bermata sipit (baca : China). Karea ternyata, penduduk asli eropa berasal dari kawasan timur atau Asia. Dan nenek moyang negara kita merupakan imigran China yang telah melalang-buana sehingga menciptakan banyak ras dalam peradaban dunia.
- Ancient Tribes : The slavs, the celts, germanic tribes, etc. 
- Etnicities/nationality : french, danish, english, irish, scottish, basque, spanish, roman, asian, african, arab, jewish, and kurdish.
- Religion : roman catholic, protestant, orthodox, christian, Islam, Judaism, atheism, and agnostic.    

3. Europe : Cultures
- What's culture exactly?
Kultur itu bisa berupa fisik ataupun non fisik. Kalau fisik seperti baju-baju adat, baju perang kuno, bangunan bersejarah (coloseum, big bang, etc.), dan lain-lain. Kalo non fisik seperti bahasa lokal, adat-istiadat.
Sebuah hal dikatakan kultur apabila hal tersebut memiliki nilai yang prestisius atau berharga, dan sifatnya, let say, objektif karena berasal dari ciptaan manusia itu sendiri. 
"People from culture, and the culture developes into civilization."
Nah, kemudian apa pula yang dimaksud dengan civilization ini?
Civil : adab atau beradab (adjective)
civilization : peradaban (kumpulan adab dan orang-orang yang beradab yang sudah terintegrasikan dalam sistem-sistem yang padu, ada infrastruktur dan teknologi.)
Element of civilization : territory, population, social dan political administration, military, philosophies, religion, system of economy, artifacts, art and literature. 
Tapi, yang terpenting dari semua aspek di atas adalah 'brain'. Atau lebih tepatnya kemampuan manusia mengolah otaknya untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran kreatif yang dapat membuat kemajuan bagi peradaban di sekitarnya. Pendeknya, sumber daya manusia yang handal. Jika semua elemen terpenuhi namun tidak ada manusia berkompeten untuk mengolahnya, maka yang terjadi adalah kesia-siaan belaka.
Lord Ragon dan John G. Jackson mengatakan : civilization as "literate culture".
- Europe : civilization
Ancient times, age of christianity, middle ages, and modern times (up to today). Sebelum yunani menemukan peradaban, Africa terlebih dulu memiliki peradaban yang cukup maju pada jaman itu. Jadi, ada sedikit kesalahan persepsi jika dikatakan bahwa eropa merupakan peradaban tertua dan merupakan centre of empire. Berikut ini urutan lahirnya peradaban di dunia :
* African / Egyptian empire (5300/3100-BCE)
* Greek empire (750-146 BCE)
* Roman empire (146 BCE-AD 455/476)
* Age of christianity (AD 1-today)
* The holy roman empire (AD 800-1806)
* Secular civilization : Renaissance
* European union.

Perlu diingat bahwa, peradaban eropa bisa maju pesat sampai sekarang karena adanya peradaban-peradaban sebelumnya yang bermigrasi ke eropa, seperti peradaban China dan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar